Tips & Trik

Hati-Hati! Kaca Mobil yang Berembun Bisa Bikin Bahaya

Pada musim hujan seperti sekarang ini, kaca mobil jadi sangat mudah berembun. Kondisi ini tentu saja membuat visibilitas pengemudi menjadi sedikit terganggu dan bisa mengundang bahaya dalam perjalanan.

Lantas bagaimana cara supaya embun pada kaca mobil segera hilang? Berikut tips otomotif yang bisa Anda lakukan versi Nusa Toyota:

Segera nyalakan AC

Suhu AC yang terlampau dingin bisa menyebabkan embun pada kaca mobil. Namun, solusi untuk menghilangkannya bukan dengan mematikan AC mobil!

Sebaliknya Anda justru disarankan untuk menyalakan AC supaya membantu menghilangkan embun, khususnya ketika hujan atau temperatur udara di luar mobil cukup dingin. Atur suhu AC dan sesuaikan dengan suhu di luar saat hujan.

Maksimalkan defogger

Defogger pada mobil bisa Anda temukan pada bagian belakang kaca mobil dengan garis-garis kawat tipis yang berfungsi sebagai kondensator panas.

Keberadaan defogger di musim hujan sangat penting untuk menghilangkan embun di kaca mobil. Visibilitas pengemudi akan tetap terjaga dengan jelas saat melihat bagian belakang mobil.

Gunakan Cairan Anti-Fog

Anda bisa mendapatkan produk cairan anti kabut (anti-fog) di toko perlengkapan mobil.

Jika sudah mendapatkannya, Anda tinggal menyemprotkan cairan anti kabut tersebut ke kaca bagian dalam. Diamkan beberapa saat kemudian lap kaca dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah beberapa kali.

Perhatikan Letak Anda Memarkirkan Mobil

Usahakan jangan memarkir kendaraan Anda di tempat yang terik karena perbedaan suhu luar dan dalam kabin yang cukup drastis bisa menimbulkan embun di kaca mobil.

Jika memang terpaksa menaruh mobil di lokasi yang panas, buka seluruh kaca mobil sebelum meninggalkan tempat tersebut sebelum menyalakan AC.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button