Tips & Trik

Mobil Terlanjur Terendam Banjir? Perhatikan Sejumlah Anjuran Ini

Di awal tahun seperti sekarang ini, musim penghujan memang menyebar rata hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berkat curah hujan yang tinggi, sejumlah daerah pun harus mengalami musibah banjir.

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat yang mobilnya terlanjur terendam banjir, Nusa Toyota punya sejumlah saran supaya kondisi mobil tidak menjadi jauh lebih buruk. Berikut sejumlah tipsnya:

Jangan langsung menghidupkan mobil

Setelah terendam banjir, jangan pernah langsung menghidupkan mobil! Pasalnya jika Anda memaksa men-starter mobil tersebut, besar kemungkinan akan terjadi korslet di bagian kelistrikan. Pemilik mobil disarankan untuk melepas kabel aki terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya korsleting.

Cek kondisi oli mesin

Buang oli mesin dan biarkan baut tetap terbuka. Setelah terendam banjir, biasanya pelumas tercampur dengan air sehingga oli mesin harus segera diganti.

Cek tangki bahan bakar

Tak cuma oli mesin, bahan bakar juga rawan tercampur dengan air apabila mobil kena banjir dalam jangka waktu yang lama. Jika terlanjur tercampur, segera kuras tangki bahan bakar hingga bersih.

Bila mobil kena banjir, penanganan dan perbaikannya tidak bisa sembarangan karena bisa menyebabkan kerusakan makin parah. Ujungnya kerugian semakin besar akibat kerusakan mobil.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button