News

Sejarah Mobil di Indonesia Menggunakan Setir Kanan

BakuBantu.Com – Semua mobil di Indonesia menggunakan setir di kanan, meskipun banyak negara di eropa menerapkan setir mobil di kiri. Banyak orang bertanya-tanya tentang hal ini, mungkin termasuk Anda. Inilah Sejarah Mobil di Indonesia Menggunakan Setir Kanan.

Letak penggunaan setir tidak selalu soal peraturan, melainkan didasari pula dari sejarah siapa yang dulu menjajah. Menurut data yang ada, hanya 35% negara di dunia yang menggunakan posisi mobil setir kanan, seperti di Indonesia. Sedangkan 65% negara lainnya menggunakan setir kiri.

Baca Juga: Kebiasaan Cewek Saat Berkendara Mobil, Kamu Termasuk Enggak?

Jika mengacu pada sejarahnya, Indonesia menerapkan aturan setir kanan dan berjalan di sisi kiri tak lepas dari pengaruh aturan yang diberlakukan saat penjajahan Inggris dan Belanda. Inggris diketahui menerapkan aturan berkendara di lajur kiri.

Pada awalnya, Belanda yang pertama datang pada 1596 juga mengenalkan setir di sisi kanan kepada masyarakat Hindia-Belanda saat itu. Namun, ketika Napoleon dari Perancis menjajah Belanda, Negara itu kemudian mengubah haluan, yakni menerapkan setir di sisi kiri.

Namun demikian, konsep kemudi atau setir di sebelah kiri itu tidak diikuti oleh Indonesia. Sebab, usai Belanda hengkang, Indonesia dijajah oleh Jepang, yang juga menerapkan konsep setir di sisi kanan dengan lajur kiri. Sehingga, Indonesia pun tetap mempertahankan mengemudi di sisi kanan dengan lajur kiri atau left-driving hingga sekarang.

Baca Juga: Hati-Hati! Kaca Mobil yang Berembun Bisa Bikin Bahaya

Kamu perlu memahami lajur kanan dan kiri memiliki sejarah yang panjang. Jalur kiri menurut sejarah, tercipta karena ksatria pada jaman dulu kebanyakan memegang pedangnya dengan tangan kanan, ini dikatakan lebih mudah menjangkau musuh ketika berkuda.

Sedangkan lajur kanan mulai popular setelah revolusi Perancis, sebagai symbol perlawanan terhadap Kerajaan. Napoleon yang pertama kali menerapkan peraturan jalur kanan di Perancis saat itu.

Lalu baru pada abad ke-19 Napoleon hampir berhasil menguasai seluruh Eropa. Hingga pada akhirnya, dia menyebarluaskan aturan jalur kanan tersebut ke berbagai Negara yang dikuasai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button